John Ondrasik lahir pada tanggal 7 Januari 1965, [2] di Los Angeles, seorang anak dari keluarga musik. Dalam tahun-tahun awal, Ondrasik belajar piano, dan pada usia remaja ia belajar bermain gitar dan mulai menulis musik. Sementara ia juga belajar untuk menyanyi opera sebentar, ia segera memutuskan bahwa ia ingin menjadi seorang penyanyi / penulis lagu. Ondrasik lulus dari UCLA dengan gelar di bidang ilmu terapan dan matematika. Sementara di perguruan tinggi ia terus mengejar musik di waktu luangnya. Ia mengadopsi nama "Lima untuk Memerangi," yang merupakan ekspresi dalam hoki. Ondrasik adalah penggemar seumur hidup Los Angeles Kings NHL.Karier
Album pertama Ondrasik ini, Pesan untuk Albert, dirilis oleh EMI pada tahun 1997. Capitol Records kemudian kembali merilis album ini setelah keberhasilan Amerika Town.
Awalnya, Sadar Records 'Mark Cunningham adalah penggemar besar dari Lima Untuk Memerangi dan membuat kontak awal dengan Ondrasik. [3] Cunningham kemudian diteruskan demo Ondrasik untuk label baru A & R Steve Smith. [3] Smith menyukai rekaman dan setelah diskusi Sadar dengan kepala Gregg Latterman, mereka bertemu dengan Ondrasik dan mengatur kesepakatan tak lama setelah itu dalam kemitraan dengan Columbia Records [3] Album keduanya, Amerika Town, dirilis pada tanggal 26 September 2000.. Album ini memiliki dampak, tetapi khusus "Superman (Ini Tidak Mudah)" menduduki puncak tangga lagu, mencapai # 1 di Hot Adult Contemporary, # 2 di Adult Contemporary, # 3 Triple A, dan # 14 di Billboard Hot 100. Hal ini juga Billboard 's # 7 yang paling sering diputar Adult Contemporary lagu dan # 21 paling memainkan lagu dekade di Hot AC. Hit single akhirnya menjadi sebuah lagu setelah serangan 11 September di mana Ondrasik melanjutkan untuk melakukan lagu di The Concert for New York City pada akhir 2001.
Sementara Amerika Kota tidak mencapai 50 puncak Billboard 200 chart album, album single pertama, "Easy Tonight", menjadi # 1 Triple A lagu dan penjualan album yang konsisten akhirnya menyebabkan platinum pergi.
Album ketiganya, The Battle for Everything, debut di # 20 di Billboard 200 pada Februari 2004. Ini termasuk single "100 Tahun", yang mencapai # 1 di Billboard Hot Adult Contemporary Tracks chart dan tinggal di # 1 selama 12 minggu tidak berurutan. [4] "100 Years" juga mencapai # 6 pada tangga lagu AAA. Pada bulan Oktober 2009, The Battle for Everything was RIAA bersertifikat Platinum.
Dua tahun kemudian, album Two Lights dirilis, ini menjadi pertama karir Top 10 album, memulai debutnya di # 8 di Billboard 200 pada bulan Agustus 2006. Tunggal pertama, "The Riddle", menjadi Ondrasik ketiga karir Top 40 hit di Billboard Hot 100, memuncak pada # 40. Hal ini mencapai # 3 di chart AC dan # 7 pada chart Hot AC. Single kedua, "Dunia", mencapai # 14 di Hot AC dan video musik telah digunakan untuk mengumpulkan dana untuk berbagai kegiatan amal dan sebagai tema untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional NASA. (Lihat Filantropi bawah).
Pada akhir pekan tanggal 27 Januari dan 28, 2007, Ondrasik diisi untuk penyiar radio Casey Kasem dan di Amerika Top 20 (di mana ia menghitung mundur untuk hit-nya sendiri "Dunia"), dan American Top 10 (di mana ia menghitung mundur untuk sendiri hit "The Riddle").
Album studio kelimanya, Iris berjudul, dirilis pada tanggal 13 Oktober 2009, dan muncul di iTunes Top 10 Album pada hari pertama. Album ini diproduksi oleh Gregg Wattenberg ("Superman", "100 Years"). Pemenang Academy Award komposer Stephen Schwartz, yang menulis lagu untuk musikal seperti jahat, Godspell dan Pippin, co-menulis judul lagu, serta lagu "Above The Timberline."
Pada tanggal 21 Juli 2009, single pertama dari album Iris, yang disebut "Kemungkinannya," dirilis untuk di-download. "Kemungkinan" itu tampil sebagai judul akhir film hit The Blind Side. Kemungkinan mencapai nomor 11 di Hot grafik radio AC.
Pada tanggal 27 Mei 2010, John Ondrasik mengumumkan bahwa ia telah meninggalkan Columbia Records dan Iris albumnya akan dirilis kembali pada Wind-Up Records bersama dengan lagu "Iris" yang dirilis sebagai single di Juli 2010. [5]
Pada tanggal 20 Februari 2011, Lima Untuk Memerangi dilakukan pada 2011 NHL Warisan Klasik di Calgary, dengan Calgary Flames menghadapi off melawan Montreal Canadiens. [6]
Ondrasik diangkat menjadi Top 5 AC dan 10 artis AC Hot Terbaik untuk tahun 2000-an.
Ia telah dua kali berkolaborasi dengan Sandra Boynton, merekam lagu masing-masing untuk buku Kereta Anjing dan CD pada tahun 2005, dan album Moo Biru nya pada tahun 2007.
Dengan lebih dari 2,5 juta album terjual dan Amerika Kota dan The Battle for Everything kedua mencapai status Platinum Certified, John Ondrasik terus menulis dan melakukan, bahkan menulis dan co-menulis musik untuk artis lain, termasuk The Backstreet Boys dan Josh Groban. Dia juga telah memberikan kontribusi untuk soundtrack film seperti August Rush, We Were Soldiers, Chicken Little, dan Semua orang Hero, dan pada tahun 2008 Ondrasik menulis dan merekam lagu "Brothers in Arms" untuk memenangkan penghargaan film dokumenter Brothers War.
Pada bulan Mei 2012, John dinyatakan dalam update berita di Lima Untuk situs resmi Berjuang bahwa ia akan menghabiskan musim panas menulis musik baru untuk album berikutnya, diharapkan pada tahun 2013, serta terus menulis artikel untuk Los Angeles Kings. [5]
Pada tanggal 6 Juni 2013, Ondrasik mengumumkan bahwa album keenamnya yang disebut "Bookmarks" akan dirilis pada tanggal 17 September 2013 bahwa single pertama dari album akan disebut "What If". Single baru dirilis pada tanggal 11 Juni 2013.Kedermawanan
Pada musim semi tahun 2007, Ondrasik menciptakan pertama situs amal video. [7] Situs web memungkinkan penggemar untuk meng-upload video menjawab pertanyaan sentral, "Apa Jenis Dunia yang Anda Ingin?" (Diambil dari lagu hit-nya, "Dunia"). Situs ini mengumpulkan lebih dari $ 250.000 untuk Quest Augie itu, Autism Speaks, [8] Fisher Rumah Foundation, [9] Save the Children, [10] dan Operasi Homefront [9].
Ondrasik, di bawah naungan USO, dilakukan untuk anggota layanan pada USO / Angkatan Bersenjata Hiburan tur Guantanamo Bay dan landasan lainnya di Kuba pada bulan Februari dan Maret 2007. Ia diikuti dengan yang lain tur USO pada bulan November 2007 dari Jepang, Guam dan Hawaii. "Saya tersentak oleh pengorbanan pasukan dan keluarga mereka membuat cara hidup kita dan saya merasa itu penting untuk menunjukkan dukungan saya," kata Ondrasik.
Pada bulan November 2007, Ondrasik dikoordinasikan pelepasan 13 lagu gratis untuk anggota militer AS yang disebut CD untuk Pasukan. Ada 5 CD untuk pasukan dan lebih dari 1 juta eksemplar diberikan. Lagu-lagu menyumbangkan lagu termasuk dari Billy Joel, Jewel dan Sarah McLachlan. Volume berikutnya menjadi tersedia pada tahun 2008 (termasuk lagu oleh Gretchen Wilson, Keith Urban dan Trace Adkins), 2009 (sebuah album lagu komedi dengan bahan dari komedian seperti Chris Rock, Ray Romano dan Adam Sandler), [11] 2010 (menampilkan lagu-lagu oleh Matchbox 20, Brandi Carlile, Ingrid Michaelson, dan Gavin DeGraw), dan 2011 seniman termasuk Sara Bareilles, Mayday Parade dan REO Speedwagon.
Ondrasik juga telah dilakukan pada tahunan Jerry Lewis MDA Telethon dan telah melakukan berbagai acara untuk Muscular Dystrophy Association dan Quest Augie itu, meningkatkan kesadaran dan dana untuk ALS (penyakit Lou Gehrig).
Pada tahun 2008, ia terlibat dalam gerakan musik menyebarkan kesadaran tentang perbudakan saat ini dan perdagangan manusia dengan melakukan versi live dari "World" untuk rockumentary, Call + Response. [12]
Penyanyi menerima penghargaan khusus dari ayah 2009 Militer Upacara Award Fatherhood Fatherfood Nasional